Senin, 07 Januari 2013

Kehamilan dan Persalinan


Kehamilan dan Persalinan
Minggu, 24 Agustus 2008
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_TjmMUc8NU1_FtNNrofCNc495734PsQnxXqCyZgOp3TW0j-y_FVzlSEnTpbrZjBfpa2-oyzn43nKH9c1OjVk4OaqpD1lg0vmI5gtHZtLh1xpFroqNeyXS6dK4oskqLbU9_auPwk78nCM0/s320/im_olahraga2%5B1%5D.jpg
Sepanjang tidak berlebihan dan terlalu berat, olahraga tetap dapat menyehatkan anda. Wanita hamil yang berolahraga secara teratur mengalami kenaikan berat dan lemak tubuh yang lebih sedikit dibandingkan wanita yang kurang aktif. Berat badan tetap naik dengan normal dan bayi tetap dalam kondisi kesehatan yang prima. Selain itu, kehamilan dan proses persalinan wanita aktif cenderung tidak bermasalah.

Jika anda terbiasa berolahraga, tetaplah melakukannya. Berhentilah ketika anda merasa lelah. Bila kehamilan mempengaruhi keseimbangan tubuh anda, maka jalan kaki adalah olahraga yang paling tepat bagi anda. Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan untuk menentukan jenis dan durasi olahraga khusus yang dapat melatih otot-otot kelahiran.


beberapa pertimbangan dalam berolahraga:

* Jangan berolahraga sampai kelelahan atau sakit. Anda harus mampu bernapas secara normal sewaktu berolahraga. Ketika anda sulit bernapas, janin pun mengalami hal yang sama. Hitunglah laju debar jantung pada puncak olahraga (ahli kesehatan akan menunjukkan caranya). Debar jantung tidak boleh melebihi 140 detakan per menit.

* Anda dapat memulai berolahraga dengan berjalan kaki. Berjalanlah perlahan-lahan selama 20 menit per hari. Jangan pikirkan kecepatan berjalan atau jarak yang ditempuh karena anda tidak sedang berlomba. Hindarilah segala bentuk aktifitas yang bersifat kompetisi.

* Berenang adalah salah satu olahraga yang dianjurkan bagi wanita hamil sampai menjelang kelahiran. Berenanglah secara perlahan-lahan dan hindari air dingin. Anda pun bisa tetap bersepeda dan menari selama trimester pertama dan kedua, asalkan jangan berakrobat. Menunggang kuda dan berselancar tidak dianjurkan karena adanya resiko terjatuh.

* Ikutilah kelas senam untuk ibu hamil. Seorang guru akan sangat membantu anda untuk melakukan gerakan dengan benar.

* Berolahraga secara teratur dan berirama. Cobalah berolahraga dengan iringan musik.

* Meskipun anda tidak berolahraga penuh secara rutin, cobalah untuk sedikit berolahraga setiap hari. Olahraga secara teratur lebih baik daripada olahraga yang dilakukan sekali-sekali. Berlatih dengan seorang teman dapat membuat anda rajin berolahraga.

* Tanyalah kepada ahli kesehatan jenis olahraga yang dapat dilakukan sambil duduk di kursi.

* Apapun bentuk olahraga anda, selalu lakukan pemanasan terlebih dahulu misalnya: berjalan atau bersepeda stasioner secara lambat selama 5 menit. Sebelum mulai berolahraga, tarik nafas dalam-dalam beberapa kali untuk melancarkan peredaran darah seluruh tubuh sehingga otot-otot mendapat pasokan oksigen cukup.

* Lakukanlah pendinginan/ peregangan selesai berolahraga.

* Minumlah air sebelum dan sesudah berolahraga. Bila perlu, berhentilah sebentar untuk minum.

* Jangan berdiri jinjit terlalu lama untuk menghindari kejang.

* Jika merasakan gejala-gejala aneh ketika sedang atau sesudah berolahraga, segera temui dokter pribadi anda.

Berikut ini beberapa petunjuk senam bagi wanita hamil:


Berbaringlah diatas punggung, tekuk kedua lutut keatas, rentangkan kedua kaki selebar 30 cm (12 inci), menapak rata di atas lantai. Kepala dan pundak sebaiknya ditopang dengan bantal, kedua tangan terletak rata di lantai di samping tubuh. Posisi senam ini hanya sampai bulan keempat. Setelah itu, senam dengan tubuh rata diatas lantai tidak dianjurkan lagi, karena rahim yang membesar akan sangat membebani pembuluh-pembuluh darah utama.


LATIHAN KEGEL
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxgPJ83nQBJBK_PLUslpInUL0GBFO1CFuTvzP6YtW0-jGtPZ-URtFQYmbh-DRLP3wG3UzEImD9zb6jliWUJuJqgtSyjXkj-7yvZ6C2TIrBzflXcnf0QC1t1KlCwwKsrJ97B2HIQ_0WicFL/s320/latihan01%5B1%5D.jpg
Kencangkan dengan kuat otot-otot vagina dan anus. Tahanlah selama mungkin (sekitar 10 detik) lalu lemaskan perlahan-lahan. Setelah bulan ke-4 lakukan latihan ini dalam posisi berdiri atau duduk. Lakukan kurang lebih 25 kali sehari.



MEMIRINGKAN PANGGUL
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjf5kw0Wt9PgDWunFZPxlNkCf9MNt6SNuicnIlnnfbqiidI8Xn3uEDpR9JwFRwui9uFBUZlk-FXi7Dav1Ym4FCUUmtDzebY3FJ_HwhSij12Mxk3c8UG4GsY3WzxZtD5zsI2zUnIr0rV1scM/s320/MEMIRINGKAN+PANGGUL
Hembuskan napas saat menekan lekuk punggung ke lantai. Tarik napas dan lemaskan punggung anda. Ulangi 3 atau 4 kali. Latihan ini bisa juga dilakukan sambil berdiri menyandar di dinding. Tarik nafas pada waktu menekan lekuk punggung ke dinding. Posisi berdiri sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh dan sebaiknya dilakukan setelah bulan ke-4.



MENGANGKAT KAKI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgOlDoOaZwJNFggCvaUaelQIrPvpgUw8SDCg7kL0WkAWsS5ygIzTN_6kigFbOBUxhxwOJtnTp-7YOJnmfmamWgoTpIFPTDbPeqpS6yVSGZ1rwqDBGy0AJoAXtQf9eiQNKpTEtVL6AlHuBhm/s320/latihan03%5B1%5D.jpg
Berbaring miring ke kiri dengan pundak, pinggul, dan lutut dalam satu garis lurus. Telapak tangan kanan menapak lantai di depan dada, dan topang kepala dengan tangan kiri. Rileks, tarik napas, lalu hembuskan perlahan-lahan sambil mengangkat kaki kanan setinggi mungkin, punggung kaki melentur (jari-jari kaki menunjuk kearah perut anda) dan mata kaki sebelah dalam menghadap ke lantai. Ulangi 10 kali untuk setiap sisi. Lutut dari kaki yang diangkat boleh lurus atau menekuk.



MENUNDUK SEPERTI UNTA
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXH0wJSOTbAXkGBAztGDylQoZYo282WFymG_WLQzN9E_nL7qN-0zMP6nF_LZ5W7wGkFIoNgmYgSLiCpS0VrWioFpc-xKcc9Q50ohyphenhyphen9QUlZUOC6TagSSsYfn3wvsDVa-_B9exMeQBgKDc3c/s320/latihan04%5B2%5D.jpg
Membungkuk bertekan pada lutut dan tangan dengan punggung rileks seperti biasa, tulang punggung jangan melengkung kebawah. Angkat kepala, leher lurus dengan tulang punggung. Kemudian bungkukkan punggung, kencangkan perut dan pantat, lalu jatuhkan kepala sejauh mungkin. Kembalikan punggung dan kepala perlahan-lahan ke posisi awal. Ulangi 3 atau 4 kali. Latihan ini amat membantu mengatasi tekanan pada tulang punggung yang disebabkan oleh pembesaran rahim (uterus).



DUDUK MEREGANG TANGAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMiXJzV_ZOyM8XXA_z9SpIykL9skICJolBb3GkJOxH-aWO7w7tXaJXw-9gvC62PWezZktcKc_6aO3rHzJziZ5U5-VCTyrTzrQhU_dqKanDeD97ow9IWjUcy9oFt_Ypl0BKuQXnRgPyCI5K/s320/latihan05%5B1%5D.jpg
Duduk bersila dengan nyaman. Seringlah duduk bersila lalu lakukan peregangan tangan. Peganglah pundak lalu rentangkan kedua tangan keatas kepala seolah ingin meraih langit-langit, yang satu lebih tinggi dari yang lain. Lakukan yang sama untuk tangan satunya. Tangan jangan disentak-sentak. Ulangi 10 kali.


MELEMASKAN LEHER
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBWe_2RrdOJABaKo9v-tqbux3B4qki8xlDLayByQV-xT5T0JQDWmAnFN7YDEnfzRCDKvQQtpasEfHDPUPctimvLeTAJa_A_9FgAiWXC42Op7d9bY-G5IAgVPy6l0QvMrN9sZNHuFwtHPiE/s320/latihan06%5B1%5D.jpg
Leher seringkali terasa kaku. Latihan ini membantu melemaskan leher dan seluruh tubuh. Duduk bersila sambil memejamkan mata. Tarik napas pelan-pelan, putar kepala setengah lingkaran perlahan-lahan. Buang napas, rileks, lalu tundukkan kepala. Ulangi 4 sampai 5 kali, berganti-ganti arah. Lakukan 3 sampai 4 kali sehari.
Diposkan oleh henny di 08:39
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMbtU-sAqsuQU0Mu9ENA9m6368CznoCiKQXq14KwYEf3IgTb_jN5AlQSYnAdLUc68nyek9fjeVI294skLSau7-tuuLyVAx-5T8_q7idn3lctCnY3Xdsh2Q4Jh94XieCj-7e6vS4p7CaioI/s320/170x113tdr%5B1%5D.jpg
Sebenarnya posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik selama kehamilan?Pada kehamilan trimester awal dimana perut belum membesar,ibu hamil dapat tidur dan beristirahat dengan berbagai posisi apapun.Yang penting adalah dapat memberikan rasa nyaman untuk ibu hamil untuk dapat tidur.Tapi ketika kehamilan selanjutnya ketika perut semakin membesar maka saat tidur andapun mulai tak nyaman lagi,karena perut yang membesar,gerakan bayi dan kram kaki.Tapi percayalah ini semua mempunyai nilai yang besar dengan hadirnya si kecil nantinya.

Jadi sebenarnya posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik selama kehamilan?

Belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil, tapi para pakar menganjurkan bahwa setelah kehamilan 16 minggu,sebaiknya ibu hamil tidur dengan POSISI MIRING KE SISI KIRI,karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan spina yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung.Juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki,pegelangan kaki dan tangan.

Beberapa tips untuk membuat tidur lebih nyaman:
* Posisi tidur yang nyaman
* Exstra bantal untuk tidur lebih nyaman
* Suhu kamar tidur yang tepat
* Mandi dengan air hangat
* Memperhatikan diet makan
* Minum segelas susu hangat
* Tidak berbaring 1-2jam setelah makan
* Mendengarkan music
* Hubungan seksual dapat memberikan rasa rileks,santai dan merasa dicintai
* Rileksasi dan menenangkan pikiran(latihan pernapasan,pijatan lembut,yoga)
* Atasi rasa stres terlebih dahulu
* Beristirahat dan tidur di siang hari
Diposkan oleh henny di 07:46
Perawatan payudara selama kehamilan anda adalah salah satu bagian penting yang harus anda perhatikan sebagai persiapan untuk menyusui nantinya.Saat kehamilan payudara akan membesar dan daerah sekitar putting akan lebih gelap warnanya dan juga lebih sensitive.Semua ini terjadi untuk persiapan tubuh ibu hamil untuk memberikan makanan pada bayinya kelak.

Beberapa tips perawatan payudara selama kehamilan:

* Bila BH anda sudah mulai terasa sempit,sebaiknya menggantinya dengan bh yang pas dan sesuai dengan ukuran anda untuk memberikan kenyamanan dan juga support yang baik untuk payudara anda.

* Bila anda berencana untuk menyusui,anda dapat memulai menggunakan bh untuk menyusui pada akhir kehamilan anda.Pilihlah bh yang ukurannya sesuai dengan payudara anda, memakai bh yang mempunyai ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran payudara dapat menyebabkan infeksi seperti mastitis ( suatu infeksi pada kelenjar susu di payudara.

* Persiapkan putting susu anda.Dengan lembut putar putting antara telunjuk dan ibu jari anda sekitar 10 detik sewaktu anda mandi.Jika anda mendapatkan kesulitan atau puting susu anda rata atau masuk kedalam,konsultasikan ke dokter anda,sehingga hal ini dapat diatasi dini untuk mencegah kesulitan nantinya.

* Pada tahap akhir bulan kehamilan,cobalah untuk memijat lembut payudara didaerah yang berwarna gelap (aerola) dan puting susu,anda mungkin akan mengeluarkan beberapa tetes kolustrum (cairan kental bewarna kekuningan dari putting).Untuk membantu membuka saluran susu.

* Bersihkan payudara dan puting,jangan mengunakan sabun didaerah putting karena dapat menyebabkan daerah tersebut kering.Gunakan air saja lalu keringkan dengan handuk.
Diposkan oleh henny di 07:35
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjkdcZu8e9xXzpumX0AdcoFvaeASpaVGTXuIdAEimpQ_hClv4dshSgLtNeQcDni1fxgeq_oc5koARh6vjOd82DMoQuib3xMRORn1IBCpFrrpBoxs2mNr2zKKuiShUrpMzA-8WHaBF1EKfRM/s320/images%5B84%5D.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhnhLPTu5eV998oHw7WBlyUmtJjKs849X43oJvncOSgSnG7F6O64jijAMBm7nB7_P3rDK7dhGs15xL7U8VbSyIJE6PiKURURG1qo8-dEFciz29gV9bY8Z9a-cHvXR8nBVqqKzW3nPl8WFxJ/s320/images%5B69%5D.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg5tLnDsXOp-RKU7pHOHrhEeMIiMtrHicPlzzaxOF_D02tTI0xkjWhWnSCEoaivSXKuI0wj40YsVAOEK-W0w-VdB_8nL2hzNt2yqZvjDCkIn9aVa4ctnyTWVui1eP99fGgScJ7kf-_RLOvl/s320/logo-pugs%5B1%5D.jpg

Beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan adalah:dengan melakukan diet makan yang sehat,tidak saja membuat ibu hamil fit dan sehat,tapi juga untuk perkembangan yang sehat bagi bayi dalam kandungan anda.

Dalam masa kehamilan salah satu bagian yang penting dalam membantu perkembangan janin dalam kandungan adalah apa yang anda makan dan cara makan anda selama kehamilan ini.Untuk itu perlunya kita mempelajari tentang prinsip-prinsip makan yang baik selama kehamilan ini.

Beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan:
• RUBAHLAH CARA MAKAN ANDA,MESKIPUN ANDA SUDAH MAKAN DENGAN BAIK.
• HINDARI MAKANAN YANG DAPAT MEMBAHAYAKAN IBU DAN JANIN
• JANGAN DIET SELAMA KEHAMILAN
• MAKAN DENGAN PORSI KECIL TAPI SERING
• MINUM VITAMIN IBU HAMIL SECARA TERATUR
• MINUM AIR YANG CUKUP
• MAKANAN BERSERAT,BUAH-BUAHAN DAN SAYURAN


* RUBAHLAH CARA MAKAN ANDA, MESKIPUN ANDA SUDAH MAKAN DENGAN BAIK.
Anda sekarang sedang hamil maka diet makanan anda harus mengikuti diet makan untuk ibu hamil.Pada kehamilan anda membutuhkan lebih banyak konsumsi protein,kalori (untuk energi),vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan bayi anda juga.Ingat anda membutuhkan tambahan 300 kalori perhari.

* HINDARI MAKANAN YANG DAPAT MEMBAHAYAKAN IBU DAN JANIN
Daging dan telur mentah,keju lunak,susu yang tidak dipasteriusasi,alkohol,juga kafein.

* JANGAN DIET SELAMA KEHAMILAN
Kehamilan bukan masa yang tepat untuk diet.Anda hanya akan membahayakan ibu dan bayi.Diet selama hamil akan menyebabkan kurangnya asupan nutrisi,vitamin,mineral dan lain-lain yang penting selama kehamilan.Pertambahan berat badan pada kehamilan merupakan salah satu tanda yang baik pada kehamilan yang sehat.Ibu hamil yang makan dengan baik akan bertambah berat badannya secara bertahap,umumnya akan melahirkan bayi yang sehat.

* MAKAN DENGAN PORSI KECIL TAPI SERING
Pada trimester pertama biasanya terdapat keluhan mual muntah(morning sickness), cobalah atasi dengan makan dengan porsi kecil tapi sering, hindari makanan pedas dan berminyak.
Makan dengan porsi yang kecil tapi dilakukan beberapa kali dianjurkan setiap 4 jam. Ingatlah meskipun anda tidak lapar tetapi bayi anda membutuhkan makanan/nutrisi secara teratur.

* MINUM VITAMIN IBU HAMIL SECARA TERATUR
Makanan yang anda makan adalah sumber vitamin yang paling baik,tetapi apakah anda yakin diet makanan anda cukup mengandung vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan, yang terutama zat besi dan asam folat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi sehat.Untuk itu anda sebaiknya meminum vitamin anda secara teratur.

* MINUM AIR YANG CUKUP
8 gelas perhari.Karena anda butuh cairan yang cukup bagi anda dan juga bayi anda.33 % pertambahan berat badan pada kehamilan adalah cairan.Cairan dibutuhkan untuk membangun sel darah merah bayi untuk system sirkulasinya,cairan ketuban.Tubuh anda juga perlu air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh anda.

* MAKANAN BERSERAT,BUAH-BUAHAN DAN SAYURAN
Perbanyaklah makan-makanan yang berserat tinggi,buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengatasi konstipasi anda selama kehamilan.


Dengan melakukan cara makan yang sehat,bukan hanya membuat ibu hamil fit dan sehat, tapi juga membantu perkembangan yang sehat bagi bayi anda.

Ingatlah perkembangan bayi anda sangat tergantung dari apa yang anda berikan dan lakukan baginya.
Diposkan oleh henny di 06:43
Jumat, 22 Agustus 2008
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjr4QJZxmZqp4NUCTXSLcpqujoKXpTvaC98WixqB-d8zpqdtVUgghtGWgrpZf6d0wRq3t1WqsRGxTx7H67N7PJxe_tXRGOaM8WPp7rK1xWS2kt6jPM3tXhCT8CaQF0baFEOJmkf4chJ340P/s320/couplemitos%5B1%5D.jpg

TAKUT melakukan hubungan intim saat hamil? Jangan khawatir karena pasangan suami istri tetap boleh melakukan hubungan seksual selama keadaaan kehamilan normal.
Karena seks selama kehamilan tidak menimbulkan infeksi atau takut melukai bayi dalam kandungan sewaktu berhubungan seks. Hubungan seks ataupun orgasme juga tidak berbahaya untuk bayi karena adanya lendir dari serviks (mulut rahim) ibu yang membantu melawan kuman atau infeksi yang akan masuk ke dalam rahim.

Selain alasan di atas, secara ilmiah Tuhan juga menciptakan suatu perlindungan yang aman pada bayi dalam kandungan, sehingga bayi terlindung. Di mana bayi dalam kandungan itu berada dalam kantung rahim dan cairan ketuban, serta otot rahim dan perut yang kuat bisa melindungi bayi selama proses kehamilan.

Tetapi, jika kehamilan Anda termasuk kehamilan dengan risiko tinggi, atau dokter mengantisipasi kemungkinan terjadinya komplikasi, atau Anda menemukan gejala yang tidak biasa setelah atau selama melakukan hubungan seksual seperti rasa nyeri, konstraksi atau keluar darah, sebaiknya hubungi dokter sebelum melakukan hubungan seksual lagi.

Berikut ini rambu-rambu yang perlu diketahui untuk melakukan seks yang aman ketika hamil:
1. Posisi menyamping adalah posisi yang nyaman untuk wanita hamil.

2. Sebelum melakukan penetrasi yang dalam, yang harus diutamakan adalah kenyamanan dan kebebasan ibu hamil.

3. Penggunaan benda asing di sekitar vagina atau alat bantu seks, sebisa mungkin dihindari.

4. Rasa pengertian, empati, kreativitas dan humor adalah aspek yang sebaiknya ada ketika melakukan hubungan seksual pada saat kehamilan.

5. Kapan pun ibu hamil berhak mengatakan "Tidak".

6. Jika kehamilannya memiliki risiko tinggi, penetrasi dan orgasme sebaiknya dihindari sampai dokter menyatakan aman. Rangsangan melalui puting juga harus dihindari pada kondisi kehamilan seperti ini.

7. Hindari penetrasi jika air ketuban bocor atau pecah.

8. Kontak seksual dalam bentuk apapun harus dihindari jika ibu hamil atau pasangannya telah terkontiminasi atau terkena virus HIV. Gunakan kondom jika memang tetap ingin melakukan aktivitas seksual.

9. Kebanyakan dokter akan menyarankan pasangan untuk tidak melakukan hubungan seksual pada kasus-kasus kehamilan tertentu, misalnya ancaman keguguran atau riwayat keguguran, riwayat kelahiran prematur, perdarahan vagina atau keluar cairan yang tak diketahui penyebabnya serta kram.

10. Jika masih ragu untuk melakukan hubungan seksual selama kehamilan ini, jangan malu untuk konsultasi kepada dokter.
Diposkan oleh henny di 14:09
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhv6VtHgz0SAjsgJhwXT5ZzSTb-N2giKKvRB92hvuxxyBpO3FajozTYH2r6XjorxcWe-Bv5-u39Z65WLdPbBhAjEUoN-WGe0Q5aKa3HHk6Tyl1shx47eZkL_UTM59ZCblc4jR77Tr7Ukqeh/s320/Prenatal_Fitness_Logo_%5B1%5D.jpg
Latihan Kegel ini juga dapat disebut dengan olahraga panggul. Dan fungsinya melatih otot otot vagina dan sekitarnya (perineal) agar lebih kuat saat persalinan nanti dan saat pasca lahir. Latihan kegel bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
Posisi dasar dan latihan Kegel
Catatan : posisi terlentang ini hanya dianjurkan pada saat usia kehamilan sampai 4 bulan, jika diatas 4 bulan keatas lakukan saat duduk, berdiri atau buang air kecil.


* Berbaring terlentang, lutut ditekuk dan buka kaki kira kira 30 cm dan telapak kaki menyentuh lantai.
* Gunakan bantal untuk menyangga pundak dan kepala anda, letakan tangan mendatar di samping tubuh.
* Untuk latihan kegel tegangkan-otot otot di sekitar anus dan vagina. Tahan selama mungkin (sebagai awalan cobalah tahan 8 -10 detik), kemudian lemaskan otot dan relaks.
* Lakukan setidaknya pengulangan sebanyak 25 kali pada waktu yang berbeda sepanjang hari.
Diposkan oleh henny di 13:57
KETENANGAN ibu menjadi kunci penting saat proses melahirkan. Metode relaksasi hypnobirthing membantu melancarkan persalinan dan meminimalisasi rasa sakit.

Hamil dan melahirkan adalah anugerah yang luar biasa bagi wanita. Sayangnya, ibu hamil (bumil) kerap dihinggapi rasa takut dan cemas akan bayangan proses melahirkan yang sulit dan menyakitkan.

Lupakan segala mimpi buruk itu, karena proses persalinan sebetulnya tidak harus melalui rasa sakit yang menakutkan. Apalagi hingga menjerit-jerit.

Seorang bumil bisa saja melahirkan tanpa rasa sakit, atau dengan rasa sakit yang minimal. Salah satu cara yang ditawarkan adalah latihan relaksasi melalui teknik yang disebut hypnobirthing.

Metode itu berakar pada ilmu hipnosis dengan metode pendekatan kejiwaan yang memberi kesempatan untuk berkonsentrasi, fokus, dan rileks. Namun, tetap dengan kesadaran sepenuhnya.

Ahli hipnoterapi dari New Hampshire AS, Marie F Mongan sebagai orang yang pertama kali mengembangkan metode tersebut. Kemudian dipatenkan menjadi "hypnobirthing".

Intinya, prosedur hypnobirthing adalah memadukan self-hypnosis dan proses kelahiran alami. Ada proses penanaman sugesti positif ke alam bawah sadar, termasuk agar rasa sakit tidak muncul. Ingatlah bahwa semua sistem rasa dikendalikan di otak.

Jika alam bawah sadar sudah diprogram supaya tubuh tidak mengirim sinyal rasa sakit ke otak, rasa sakit pun tidak muncul. Namun, saat melakukannya, individu yang bersangkutan tetap dalam kondisi sadar.

Menurut ahli hipnoterapi klinis dari Pro V Clinic Jakarta, Lanny Kuswandi, relaksasi dengan hypnobirthing terutama ditujukan untuk kesehatan janin yang akan dilahirkan. Pasalnya, banyak pasien bumil melahirkan bayi dengan kondisi autis atau bahkan infeksi HIV. "Salah satu penyebabnya adalah proses kehamilan yang penuh tekanan atau stres"

Hal utama dari hypnobirthing adalah ketenangan si ibu. Dengan terbiasanya ibu berlatih relaksasi, jalan lahir untuk janin akan lebih mudah terbuka sehingga proses persalinan tidak terlalu melelahkan. Kondisi rileks juga akan mendorong pengeluaran hormon endorphin atau yang kerap disebut hormon bahagia yang membantu menghilangkan rasa takut, tegang, dan kepanikan saat melahirkan.

"Latihan relaksasi bisa dimulai pada usia kehamilan berapa pun, bahkan sejak perencanaan kehamilan"

Pada tahap awal, bumil akan dipandu ahli hipnoterapi. Penanaman afirmasi dan sugesti ke alam bawah sadar bisa dilakukan dengan cara dan media apa pun. Misalnya, mendengarkan dan mengikuti ucapan hipnoterapis, latihan fokus dengan pendulum, teknik "memanjangkan tangan" hingga ke langit-langit, atau menggerakkan tangan dengan pikiran.

literatur : *download*
 jurnal ini juga dapat di lihat blog saya yang lain (klik)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar